Sejarah Awal Islam Maluku & Papua

10 08 2007

Islam Maluku
Kepulauan Maluku yang terkenal kaya dengan hasil bumi yang melimpah membuat wilayah ini sejak zaman antik dikenal dan dikunjungi para pedagang seantero dunia. Karena status itu pula Islam lebih dulu mampir ke Maluku sebelum datang ke Makassar dan kepulauan-kepulauan lainnya.

Kerajaan Ternate adalah kerajaan terbesar di kepulauan ini. Islam masuk ke wilayah ini sejak tahun 1440. Sehingga, saat Portugis mengunjungi Ternate pada tahun 1512, raja ternate adalah seorang Muslim, yakni Bayang Ullah. Kerajaan lain yang juga menjadi representasi Islam di kepulauan ini adalah Kerajaan Tidore yang wilayah teritorialnya cukup luas meliputi sebagian wilayah Halmahera, pesisir Barat kepulauan Papua dan sebagian kepulauan Seram. Ada juga Kerajaan Bacan. Raja Bacan pertama yang memeluk Islam adalah Raja Zainulabidin yang bersyahadat pada tahun 1521. Di tahun yang sama berdiri pula Kerajaan Jailolo yang juga dipengaruhi oleh ajaran-ajaran Islam dalam pemerintahannya.

Islam Papua
Beberapa kerajaan di kepulauan Maluku yang wilayah teritorialnya sampai di pulau Papua menjadikan Islam masuk pula di pulau Cendrawasih ini. Banyak kepala-kepala suku di wilayah Waigeo, Misool dan beberapa daerah lain yang di bawah administrasi pemerintahan kerajaan Bacan. Pada periode ini pula, berkat dakwah yang dilakukan kerajaan Bacan, banyak kepala-kepala suku di Pulau Papua memeluk Islam. Namun, dibanding wilayah lain, perkembangan Islam di pulau hitam ini bisa dibilang tak terlalu besar.


Aksi

Information

5 responses

9 10 2007
rio alting

HAI

26 03 2008
musthofa

saya butuh silsilah kerajaan goa.please sent to:tiangedan@yahoo.com

9 12 2008
GIARTO CHUKIMAE

aku iki arek yang gak ngerti regone beras wis larang

3 01 2009
p de

masih ada banyak sejarah yang belum terungkap seputar masuknya islam di maluku, tertutama maluku bagian selatan tepatnya di pulau seram…..(baca. se-ram), karena samapai saat ini tidak ada satu peneliti sejarah yang benar-benar mengungkap fakta di balik. indikasi islam pernah mendiami pulau seram pertama kali sudah banyak terungkap, hanya saja setiap kesimpulan yang ada masih kabur……….
mari kita ungkapkan hasil penelitian terutama komentar anda di http://www.pembelajaranislami.co.cc

22 11 2009
RAURA LAULA

eh ia skrag mh lengkapp ! makasiih yh..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: